MS Kaban : Jati Emas Itu Ngibul

By on Dec 22, 2006

Menteri Kehutanan MS Kaban mengatakan varietas jati emas itu sebenarnya tidak ada, karena tidak jelas asal-usul induknya. Bahkan, Kaban mengatakan jati tersebut jenis al kibuli.
 "Saya sudah menanyakan kepada peneliti, dari mana induknya dan tidak terdefenisi, sehingga jenis tersebut bohong atau mengibuli," kata Kaban di Pondok Pesantren Al Muhsin, Kota Metro, Provinsi Lampung, Kamis (21/12). Karena itu, katanya, masyarakat jangan cepat berpaling ke salah satu jenis tanaman sebelum mendapatkan penjelasan dari pemerintah melalui dinas kehutanan.

Dia pun menyarankan jika masyarakat tertarik untuk menanam jati, pilih bibit jati Cepu karena jelas induknya dan hasilnya pun sudah terbukti. Guna meningkatkan budaya menanam, dia pun menyarankan kepada para orang tua jika memiliki anak gadis dan akan dilamar, agar calon mempelai pria diwajibkan menanam tanaman tahunan. "Selain menghijaukan lahan juga menabung untuk masa depan mereka. Misalkan menaman jati dalam kurun waktu 15 tahun sudah menghasilkan, ketika itu anak buah perkawinan tersebut pada kondisi membutuhkan biaya," kata dia. Kepada para santri, MS Kaban mengajak agar berinvestasi. Ketika santri menaman, maka saat menjadi kiai sudah memanen. Apalagi, untuk tanaman keras seperti jati atau pohon lainnya.

sumber: Surya Online

No Response to "MS Kaban : Jati Emas Itu Ngibul"

Powered by Blogger