Freeware pengingat waktu sholat (Linux/Windows)

Ada kalanya saat asik Internetan kita lupa kalau sudah melewatkan waktu sholat. doArtic memberikan solusinya yaitu dengan aplikasi yang bisa ngingetin kapan waktu sholat. Ada dua pilihan OS, jadi sesuaiin denga OS anda


Pengingat waktu sholat di WINDOWS


Software sebagai pengingat waktu shalat – agar kita tidak lupa – jam shalat di waktu bulan Ramadhan ini dan Insha Allah tidak akan pernah melupakannya hingga kapanpun. Oke nama softwarenya ialah Athan, anda dapat mendownloadnya gratis di situs Islamic Finder.

Dan software Athan ini mendukung semua versi OS Windows, jika anda berminat untuk mendownload software pengingat waktu Shalat ini, silahkan Download Athan!



Pengingat waktu sholat di LINUX dengan Mimbar


1. Menginstal Minbar


Dapatkan rilis terbaru Minbar dari website resminya; http://www.djihed.com/minbar. Bagi para pengguna distribusi Ubuntu beserta turunannya, cukup menjalankan perintah di Terminal:

Baiknya lakukan ini dulu:

sudo apt-get update

...Tunggu sampe selesai, kemudian ketik:

sudo apt-get install minbar

ini bisa dilakukan karena Minbar telah terintegrasi di dalam repositori Ubuntu. Sip! Minbar telah terinstalasi di Linux saya, selanjutnya apa?

 

2. Mengonfigurasi Minbar


Jalankan Minbar dengan masuk ke menu Applications > Accesories > Minbar Prayer Times, jendela utama Minbar akan muncul.

Disini anda akan melihat empat frame; Times yang menunjukkan informasi waktu sholat hari ini, Location yang menunjukkan posisi kiblat, Timetable yang berisikan satu tombol “Prayer Calendar” yang bila diklik maka akan membuka satu jendela baru dengan susunan kalender beserta waktu sholat pada tanggal yang bersangkutan, dan frame yang terakhir adalah Preferences yang berisikan satu checkbox “Play Athan” dan satu tombol “Preferences”.

Untuk melakukan pengaturan Minbar, klik pada tombol “Preferences” kemudian akan muncul satu jendela baru dengan tiga tab yang akan dijabarkan sebagai berikut:

Lengkapnya disini


Sebenarnya ada juga buat versi Hp, Pocket PC, BlackBerry

 

No Response to "Freeware pengingat waktu sholat (Linux/Windows)"

Powered by Blogger